Jakarta, TAMBANG – Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda, PT United Tractors Tbk (UT) menyelenggarakan Educulture Fest 2023 dengan mengusung tema “Keindahan dalam Keberagaman Budaya Indonesia”. Festival ini merupakan wujud komitmen UT terhadap pelestarian budaya, dengan merayakan keberagaman, serta memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara. Selain itu, acara ini memiliki tujuan menciptakan value preposition organisasi untuk keberlanjutan perusahaan melalui implementasi diversity, equity, dan inclusion (DEI).
UT Smart Educulture Fest 2023 berlangsung mulai dari tanggal 1 September hingga 27 Oktober 2023, yang berlokasi di UT Head Office, Jakarta. Dalam pelaksanaannya, UT melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti seniman, pelaku UMKM, dan sekolah binaan.
Peserta pada acara ini terdiri dari eksekutif dan karyawan Grup UT, serta mahasiswa Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dari 18 provinsi, yang diharapkan bisa ikut serta melestarikan keragaman budaya dan juga mempererat persatuan Indonesia.
Human Capital General Manager, Abun Jufar Jaya menyampaikan bahwa keberagaman menjadi hal yang harus dipelihara, tidak terkecuali di lingkungan perusahaan.
“Keberagaman budaya yang ada di Indonesia menjadi salah satu keunikan yang harus kita syukuri. Sebagai perusahaan yang memiliki karyawan dari berbagai latar belakang yang berbeda, UT akan senantiasa memberikan kesempatan yang sama untuk semua pihak melalui dukungan dan kontribusi yang diberikan. Melalui festival ini, harapannya dapat meningkatkan kesadaran akan kebhinekaan dalam lingkup Grup UT, sehingga dapat menciptakan budaya perusahaan yang menegakkan keberagaman,” ujar Abun Jufar Jaya, Jumat (27/10)
Hal yang melatarbelakangi UT menyelenggarakan festival ini, karena implementasi terhadap aspek DEI yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap organisasi, di mana berdasarkan penelitian dari The Wall Street Journal (2020) menunjukan keberagaman dalam organisasi memberikan kontribusi terhadap inovasi dan finansial. Hal ini menjadikan kebhinekaan sebagai salah satu strategic goals Human Capital Management Grup UT untuk tahun 2023 dan 2024.
Dalam pelaksanaannya, agenda acara pada festival ini mencangkup kebhinekaan design competition, yang merupakan kompetisi design grafis kebhinekaan yang terbuka bagi seluruh karyawan Grup UT dan sekolah binaan. Kompetisi ini berhasil mengumpulkan 390 karya dari 27 provinsi di Indonesia. Selain itu, adanya pameran design exhibition yang menampilkan 50 karya terbaik, performance art, serta batik fashion show yang diikuti oleh karyawan Grup UT, mahasiswa MBKM, dan sekolah binaan. Kemudian, adanya art market yang memamerkan produk lokal dan tradisional dari UMKM binaan UT.
“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness, semangat, serta komitmen akan keberagaman di dalam lingkungan Grup UT guna meningkatkan kolaborasi dan produktivitas kerja. Selain itu, dapat memelihara komitmen dan persepsi terkait sustainable business” pungkas Abun.