Jakarta-TAMBANG. Dilengkapi dengan mesin 6UG1, Isuzu perkenalkan kendaraan truk masa depan dalam pameran Tokyo Motor Show 2015. Truk masa depan ini diyakini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
President and Representative Director, Masanori Katayama, mengatakan truk masa depan besutan Isuzu ini merupakan hasil perombakan total model Isuzu GIGA sebelumnya. Di mana The New Isuzu GIGA sendiri telah berkembang dari sebuah truk yang ‘berdiri sendiri’ menjadi ‘connected carrier system’ yang bertujuan memaksimalkan waktu operasional bisnis pelanggan.
Menggunakan sistem MIMAMORI yang dapat menganalisa data dari kendaraan secara on line menjadi perlengkapan standar dari The New Isuzu GIGA. Sistem ini bertujuan agar pengendara selalu mematuhi peraturan berkendara dan meningkatkan eco-driving. Lebih dari itu, dengan sistem status real-time posisi kendaraan dapat dilihat secara online oleh customer.
Di dukung dengan sistem Pre – Crash Braking System dan Lane Departure Warning sebagai perangkat pembantu pengemudi berkendara dengan aman. “Sistem ini bukan dirancang untuk memaksa kendaraan mencapai kinerja di luar kemampuannya, tapi Isuzu ingin para pengemudi untuk selalu mengemudi dengan aman dan hati-hati tanpa terlalu banyak mengandalkan pada sistem ini,”katanya.
Ada lima keunggulan yang dimiliki The New Isuzu GIGA, yakni kenyamanan pengendara, efisiensi bahan bakar, total safety, loading capacity dan remote assistance. Tentu saja, lanjut Katayama, truk ini dapat menjawab permasalahan yang sering dihadapi pelanggan seperti kurangnya tenaga kerja, biaya operasional, masalah lingkungan dan keselamatan.
Untuk tampilan, The New Isuzu GIGA mengusung desain kabin luar yang lebih aerodinamis membantu menurunkan hambatan udara, sehingga menghasilkan aerodinamika yang optimal dan pastinya lebih irit bahan bakar. Di samping itu, dengan design steps dan grips yang fungsional dan stylish menjadikan New Isuzu GIGA lebih bersahabat.
Dari tampak depan, The New Isuzu GIGA terlihat lebih modern dan fungsional, grill depan yang besar membantu intercooler mencapai performa pendinginan yang lebih baik.
The New Isuzu GIGA juga mengadopsi panel instrumen berbentuk semi lingkaran untuk memastikan kemudahan dan kenyamanan saat mengemudi. Semua tombol dikelompokkan berdasarkan penggunaan dan jaraknya diletakkan di tempat yang mudah terjangkau oleh pengendara. Sebagai tambahan, tombol pada kemudi dan LCD 4 inch disediakan untuk memudahkan pengemudi.
“Sedangkan untuk desain kursi telah disesuaikan sehingga lebih ergonomis dan mendukung postur duduk pengendara. Sehingga secara keseluruhan interior menjadi lebih nyaman,” ucapnya.
The New Isuzu GIGA telah menggunakan mesin type 6UZ1 yang telah diimprovisasi. Modifikasi ini dilakukan untuk meningkatkan torsi low to mid range dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Khusus model kargo dan dump truck, the new Isuzu GIGA memiliki standar sistem “ecostop”, dimana sistem ini membuat kendaraan secara otomatis berhenti dan restart pada saat idle, untuk meminimalisir konsumsi bahan bakar.
Dari sisi keselamatan, The New Isuzu GIGA memiliki sistem “Pre-crash braking”. Berfungsi menghindari terjadinya tabrakan terhadap objek yang bergerak, di mana selama ini hanya terdapat system warning apabila akan terjadi tabrakan dengan benda diam. Sistem keamanan ganda ini menggunakan millimeter wave radar dan kameran yang telah mengalami peningkatan akurasi.
“Tidak Cuma itu, New Isuzu GIGA dilengkapi LDWS (Lane Departure Warning System) terbaru. Berfungsi memberikan peringatan berupa suara bel kepada pengemudi apabila berjalan keluar jalur. Didukung monitor penanda jalur dan kameran membuat pengemudi lebih berhati-hati,” tambahnya.
Walaupun mengalami perubahan model secara keseluruhan, Katayama mengaku, The New Isuzu GIGA tidak mengurangi daya kapasitas loading, sebab peningkatan berat curb telah diminimalisir.