Palangka Raya, TAMBANG – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) menyelenggarakan Media Gathering 2023 se-Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (24/5).
“Ini agenda rutin kami dari PT PAMA sebagai bagian dari mempererat tali silaturahmi. Lebih banyak mengenal rekan-rekan media baik cetak, online maupun yang lain,” ungkap Security and External Relations Dept Head PAMA, Gunawan Setiadi.
Dalam kegiatan tersebut, dipaparkan sejumlah capaian perusahaan terutama bidang Corporate Social Responsibility (CSR) di sejumlah distrik.
“Di Kalteng sendiri kita aktif di antaranya di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, itu bagian dari pilar-pilar CSR yang menjadi tanggung jawab perusahaan,” beber dia.
Di site MCIP Kapuas, Kalteng, salah satu program CSR unggulan PAMA adalah peningkatan mutu pendidikan yang komprehensif, terpadu dan terintegrasi mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Sejauh ini anak usaha United Tractor tersebut memiliki 14 SD dan 5 SMP binaan dengan mengutamakan bekal akademik, memadai dan berkarakter.
Di tingkat SMA, PAMA mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maharati dengan dua jurusan yaitu Teknik Alat Berat (TAB) dan Multimedia. Didirikan pada 2021, SMK Maharati memiliki prinsip berkompeten, berkarakter, dan berdaya saing yang dipersiapkan untuk bekerja di sejumlah perusahaan Group PAMA pada tahun 2024.
“Jadi program pendidikan yang saya garis bawahi adalah program pendidikan nasional. Semua kegiatan-kegiatan yang sifatnya pendidikan, itu semua kita tentukan pengembangan SDM lokal setempat,” ujar CSR Dept Head PAMA, Maidi Irvan.
PAMA juga memberikan pelatihan, pendampingan seperti persiapan akreditasi, pembinaan karakter dan pemberian bantuan pendidikan baik untuk siswa, guru maupun sarana dan prasarana sekolah sebagai bagian dari prinsip terpadu.
“PAMA merupakan perusahaan kontraktor pertambangan yang kerjanya di remote area, di tempat-tempat terpencil. Tidak hanya di Kalteng, tapi di Kaltim, bahkan kita juga sampai ke Sumbawa. Jadi memang program ini kita catatkan sebagai program nasional yang sifatnya itu untuk menyerap anak-anak di sekitar lingkungan tambang untuk bekerja di tempat kita,” beber dia.
Di site Aria Tanah Laut dan Tanah Bumbu, Kalsel, PAMA memiliki 5 pilar CSR yaitu Program Peningkatan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Program Sosial, Budaya, Agama & Infrastruktur Sosial, Program Pendidikan, Peningkatan Keterampilan & Kursus, Program Lingkungan dan Program Kesehatan & Gizi Masyarakat.
Di bidang lingkungan misalnya, PAMA mengembangkan pengelolaan tanaman hidroponik, meresmikan Taman Pesona SMAN 1 Satui dan lain-lain. Sementara di Kintap, perusahaan menggelar penanaman 1000 cemara pantai Port Kintap agar tidak terjadi abrasi.
Pada bidang sosial, perusahaan acap kali menyelenggarakan santunan rutin kepada yatim piatu dan dhuafa di 10 desa lingkar ring 1 tambang dengan proporsi pembagian sebanyak 25 paket per desa.
Sebagai informasi, Media Gathering kali ini mengambil semangat terus bertumbuh yang sama dengan ulang tahun PAMA pada Bulan September, yakni “Road to 30 Years PAMA – Sustainability Growth”.
Kegiatan yang diikuti 24 media nasional dan lokal ini sebagai bentuk apresiasi kepada media yang turut andil dalam mempublikasikan kegiatan dan prestasi PAMA serta upaya mempererat relasi.