Beranda Tambang Today Sasar Konsumen Perkotaan, Indotruck Utama Gelar Uji Coba Truck Volvo FM Electric

Sasar Konsumen Perkotaan, Indotruck Utama Gelar Uji Coba Truck Volvo FM Electric

Sasar Konsumen Perkotaan, Indotruck Utama Gelar Uji Coba Truck Volvo FM Electric
Truck listrik pertama dari Volvo yang dibawa ke pasar Indonesia, Volvo FM Electric, saat kegiatan test drive di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (18/9). (Dok. TAMBANG / Deangga)

Jakarta, TAMBANG – Setelah melakukan peluncuran truck listrik pertamanya di Mining Indonesia 2024, PT Indotruck Utama sebagai distributor resmi Volvo Indonesia memberi kesempatan uji coba atau test drive Volvo FM Electric kepada publik di Taman Mini Indoensia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (18/9).

Dalam kegiatan yang bertajuk New Volvo Electric Truck: Driving Experience itu, Volvo menghadirkan truck listrik yang ramah lingkungan dan berbasis energi terbarukan. Melalui acara ini, Volvo berharap inovasi mereka dalam teknologi truck listrik dapat diterima dan diaplikasikan secara luas di Indonesia.

Chief Operating Officer PT Indotruck Utama, Eka Lovyan, mengatakan bahwa truck listrik besutan Swedia ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan sektor transportasi di perkotaan, seperti logistik, pergudangan, dan pelabuhan.

“Volvo memiliki tiga nilai inti, salah satunya adalah kepedulian terhadap lingkungan. Truck Volvo FM Electric ini mencerminkan komitmen tersebut dengan membawa solusi transportasi tanpa emisi yang relevan sekarang, terutama di kota-kota besar yang rentan polusi,” kata Eka Lovyan.

Sejauh ini, Volvo percaya diri memboyong seri truck FM Electric ke pasar Indonesia. Sejak peluncuruan lalu, Eka melihat respon yang positif dari berbagai pihak seperti customer dan publik yang ingin merasakan keandalan dari truck ini.

“Cukup lumayan pihak yang berminat. Banyak ternyata calon pembeli atau customer yang kaget Volvo masukin truck listrik sekarang, bahkan yang udah punya truck Volvo juga,” jelasnya.

Chief Operating Officer PT Indotruck Utama, Eka Lovyan, dalam kegiatan New Volvo Electric Truck: Driving Experience, Rabu (18/9). (Dok. TAMBANG / Deangga)

Salah satu tantangan dalam mengadopsi kendaraan listrik secara masif adalah kesiapan infrastruktur stasiun pengisian daya (charging station) di seluruh Indonesia. Data dari PT PLN (Persero) pada April lalu menujukkan, dari 1.380 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia, sebanyak 70 persen atau 966 unitnya masih berada di Pulau Jawa.

Meski menghadapi tantangan yang demikian, Volvo Truck Indonesia berkomitmen menjalin kerja sama dengan pelanggan untuk membantu mereka dalam membangun stasiun pengisian daya di lokasi operasioalnya sendiri.

“Sampai saat ini, kita jalin kerja sama dengan customer untuk bantu set up charging station-nya. Kita ada simulasi-simulasi ke customer, mau dipakai di mana. Kalau menurut kita secara konsumsi energi dan secara ekonomi nggak worth it, tidak akan kami saranin (membeli truck listrik ini),” ucap Eko.

Efisiensi dalam hal perawatan dan operasional menjadi keunggulan tersendiri yang ditawarkan oleh Volvo FM Electric. Truck listrik ini memiliki lebih sedikit komponen bergerak dibandingkan truck diesel, sehingga biaya perawatannya lebih rendah dan sedikit waktu yang terpakai untuk perbaikan dan pemeliharaan rutin.

Volvo FM Electric dalam kegiatan New Volvo Electric Truck: Driving Experience, Rabu (18/9). (Dok. TAMBANG / Deangga)

Minat Konsumen Terhadap Volvo FM Electric

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Utama PT Indotruck Utama dan PT Eka Dharma Jaya Sakti, Bambang Prijono, menegaskan beberapa keuntungan dari adopsi truck listirk yang dilakukan oleh calon konsumen seperti energy cost saving, repair maintenance saving, dan insentif pajak dari Pemerintah.

Sebagai Direktur Utama dari distributor resmi Volvo Indonesia, Bambang juga telah melakukan penandatanganan perjanjian (MoU) dengan customer seperti PT Pancaran Darat Transport dan PT Artha Satya Kurnia, dua perusahaan logistik terkemuka di Indonesia.

Pada kegiatan “New Volvo Electric Truck: Driving Experience,” perusahaan yang sebelumnya telah menandatangani MoU juga mengikuti sesi test drive yang diselenggarakan oleh Volvo Indonesia di TMII, Jakarta, Rabu (18/9).

Salah satu Trainer dari PT Pancaran Darat Transport, Ismi Rahmatullah, mengatakan bahwa Volvo sangat memanjakan customernya.

Comfortable, sangat nyaman mengendarainya. Secara fitur dan lain sebagainya hampir sama dengan unit-unit yang lainnya, bahkan lebih familiar terhadap Volvo yang 460 atau 440. Namun, yang membedakan adalah tadi, secara elektrikalnya saja,” ungkap Ismi.

Setelah truck ini terjual kepada konsumen, Volvo juga janji memberikan pelatihan bahkan refreshment selama setahun sekali atau setahun dua kali kepada driver dari customer, mekanik, teknisi dan pihak terkait lainnya. Selain itu, Volvo juga berencana memberikan pelatihan truck listrik ini kepada pemadam kebakaran yang berkaitan dengan safety.

Truck listrik ini kan teknologi baru. Pemadam kebakaran di Indonesia saya rasa belum pernah misalnya ditraining, atau sangat minim training dalam menghadapi permasalahan di truck listrik,” pungkas Chief Operating Officer PT Indotruck Utama, Eka Lovyan, saat sesi media doorstop dalam kegiatan test drive tersebut.

Baca Juga: Dukung Dekarbonisasi, Volvo Luncurkan Truck Listrik Pertama di Mining Indonesia 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini