Jakarta, TAMBANG – Satu lagi prinsipal asal Tiongkok yang siap meramaikan pasar alat berat sektor tambang dalam negeri adalah Yutong. Lewat distributornya, PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR), Yutong unggulkan dump truck kelas 90 ribu ton baik elektrik maupun diesel.
Sales Manager VKTR, Giovanny Martin menjelaskan unit Yutong yang diageninya ada dua macam yaitu YTK90E (elektrik) dan YTK90D (diesel).
“Saat ini produk yang ditawarkan ada 2 model, ada YTK90E itu untuk EV (electric vehicle) mining dump truck dan satunya YTK90D itu yang diesel,” ucap Giovanny saat ditemui di IEE Series 2023, Jumat (15/9).
Sebagai salah satu pionir bidang kendaraan berbasis listrik, VKTR cenderung fokus pada penjualan YTK90E. Namun, karena kerja sama baru dimulai pihaknya juga turut memasarkan dump truck berbahan bakar diesel.
“Sebetulnya VKTR sendiri lebih ke EV ya, produknya lebih banyak ke EV. Hanya saja Yutong minta tolong di tahun pertama juga bantu untuk memasarkan. Untuk selanjutnya kita hanya (menjual) EV-nya saja,” beber dia.
Giovanny menyampaikan banyak orang yang minat menggunakan produk Yutong. Ini tergambar dari jumlah penjualan YTK90D yang cukup signifikan. “Kalau yang diesel sudah 20 unit-an, 10 di Sumatra dan 10 di Kalimantan,” imbuh dia.
Sementara, dump truck bertenaga setrum yakni YTK90E belum ada unit yang terjual karena masih dalam tahap peluncuran. Meski begitu, imbuh dia, sudah ada sejumlah Perusahaan yang antri untuk menjajal ketangguhan truk jumbo berbasis listrik tersebut.
“Dan yang EV belum ada penjualan karena di indonesia baru peluncuran, tapi sudah banyak yang ngantri untuk trial. Di antaranya dari perusahaan semen, batu bara dan beberapa kontraktor, mereka ingin tahu performance seperti apa,” jelasnya.
Keunggulan Dump Truck Listrik YTK90E
YTK90E menurut Giovanny memiliki empat keunggulan dibanding dengan dump truck listrik lain. di antaranya punya kapasitas daya baterai sebesar 350-500 kwH atau 10 kali lipat dibanding yang lain.
“Di kami kapasitas baterainya cukup besar, kita punya beberapa pilihan baterai yaitu 350 kw-500 kw,” ungkap Giovanny.
Keunggulan kedua dari YTK90E adalah waktu pengisian daya yang relatif cepat karena didukung dengan charging station yang besar.
“Keunggulan kedua di EV ini charging station-nya juga cukup besar sehingga untuk cas hanya mebutuhkan kurang lebih membutuhkan satu jam,” beber dia.
Ketiga, YTK90E punya teknologi pemanas yang terletak di bak sehingga memudahkan sisa-sisa muatan terlepas dengan mudah dan bak bersih kembali.
“Ketiga ada hiter atau pemanas di baknya. Jadi kalau ada muatan lengket keras itu bisa dengan mudah dibersihkan karena ada pemanas,” ucap dia.
“Keempat, drive motornya itu walaupun EV, kita tahu lah EV gak unya transmisi cuma single drive aja. Tapi di sini kami punya automatic manual transmission, jadi ada transmisinya untuk naikin dump truck pakai transmisi, gak pakai powerpack atau pakai elektrik baterainya,” pungkasnya.
YTK90E memiliki daya muat sebesar 60 ton dengan panjang 9.400 mm, lebar 3.450 mm, tinggi 4.150 mm dan wheelbase sebesar 4.000+1.550 mm. YTK90E punya radius putar sekitar 23 meter.