Jakarta, TAMBANG – Perusahaan penyedia teknologi dan layanan terkemuka di dunia, Bosch mencatatkan penjualan tertinggi selama beroperasi di Indonesia sejak 2008.
Perusahaan berhasil meraup lebih dari Rp 2 triliun sepanjang 2022. Angka ini merupakan penjualan tertinggi hingga saat ini.
“Hasil penjualan perusahaan selama 2022 merupakan yang tertinggi sejak Bosch mulai beroperasi di Indonesia pada 2008 lalu. Didukung oleh situasi pasar yang kondusif, Bosch telah sukses mencapai pertumbuhan di seluruh segmen bisnisnya,” kata managing Director of Bosch in Indonesia Pirmin Riegger dalam keterangan tertulis, Senin (19/6).
Perkembangan bisnis yang positif pada 2022 didorong oleh kontribusi dari semua divisi bisnis Bosch. Sektor bisnis Mobility Solutions membukukan kenaikan yang signifikan, berkat peningkatan volume ekspor produsen otomotif di Indonesia.
“Selain sektor Mobility Solutions, Bosch juga mengalami peningkatan pangsa pasar untuk tiga sektor bisnisnya yang lain: Industrial Technology, Consumer Goods dan Energy and Buildings Technology,” ungkapnya.
Kata Pirmin, Bosch tetap berkomitmen untuk mengembangkan produk dan layanan sesuai dengan semangat “Teknologi untuk Kehidupan”. Sepanjang 2022, perusahaan meluncurkan sejumlah inovasi produk yang secara langsung mengatasi kebutuhan pengguna dan menyederhanakan pekerjaan sehari-hari – yang pada akhirnya membuat hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah.
“Salah satu contohnya, Bosch UniversalBrush, alat pembersih bertenaga baterai ringkas yang merevolusi pekerjaan bersih-bersih dengan kepala sikat serbaguna dan rotasi yang kuat, membuat tugas pembersihan yang sulit menjadi mudah,” beber dia.
Berdasarkan perkembangan positif dalam beberapa bulan pertama tahun ini, Bosch Indonesia juga optimistis akan melanjutkan pertumbuhannya pada 2023. Perusahaan terus mengeksplorasi peluang untuk memperluas kehadirannya di seluruh negeri dan memperkenalkan inovasi produk baru yang disesuaikan dengan pasar Indonesia yang terus berkembang.
Di sisi lain, Bosch aktif mendukung transisi Indonesia menuju Industri 4.0. Pada April lalu, perusahaan berpartisipasi di Hannover Messe 2023 (di paviliun Indonesia), salah satu pameran teknologi industri terbesar di dunia.
Pada acara tersebut, Bosch memamerkan ctrlX AUTOMATION, platform otomasi terbuka yang menawarkan solusi modular dan scalable. Selain itu, Bosch juga menghadirkan teknologi Nexeed MES (Manufacturing Execution System) yang memungkinkan pemantauan data proses manufaktur secara real-time.
Solusi inovatif ini memberdayakan produsen di Indonesia untuk menyederhanakan operasi pabrik mereka, mengurangi kebutuhan komponen, dan meningkatkan produktivitas.
“Bosch sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung transformasi industri sektor manufaktur lokal. Kami berusaha mendorong inovasi, mengimplementasikan teknologi canggih, dan membangun kemitraan strategis. Dengan menyediakan solusi komprehensif, kami memberdayakan produsen untuk mengarungi lanskap yang berubah, memanfaatkan peluang pertumbuhan, dan berkembang. Dedikasi kami sejalan dengan visi Indonesia tentang ekosistem industri yang dinamis, berkelanjutan, dan sejahtera,” pungkas Pirmin.