Jakarta – TAMBANG. Pengemudi truk adalah merupakan bagian elemen utama yang penting dan turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan memanfaatkan jalur darat, lebih dari 70% kargo diangkut dan untuk dikirim ke berbagai penjuru dengan jarak yang cukup jauh.
Gerak roda perputaran ekonomi tak lepas dari kepiawaian pengemudi khususnya truk sebagai ujung tombak di jalan raya. Namun, tidak semua pengemudi truk yang siap dan paham betul akan keselamatan, aman berkemudi, dan dapat menghemat akan bahan bakar.
UD Trucks memberikan perhatian dan apresiasi bagi para pengemudi truk, mengingat sehari-hari selalu berhubungan dengan truk, dan pengemudi adalah titik interaksi penting bagi setiap produsen truk.
Bentuk perhatian nyata bagi pengemudi telah diapresiasikan berupa kampanye untuk menyemangati kembali para pengemudi dengan mengusung moto “Go the Extra Mile”. Kampanye selama 3 hari ini berupa kegiatan aktivasi, yang kali pertama di pusatkan di pom bensin di KM 39, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada 20-22 April 2016.
Bentuk apresiasi dari UD Trucks ini dengan dihadirkannya Quester GWE 330 6x4T yang dilengkapi dengan trailer pameran fasilitas lengkap nan nyaman sebagai persinggahan keliling bagi pengemudi truk.
Quester diciptakan dengan fokus terhadap keselamatan dan dilengkapi sabuk keselamatan yang memenuhi standar keamanan tertinggi, serta kabin yang telah lulus uji keselamatan saat kecelakaan, guna menjamin keselamatan pengemudi. Kabin yang luas, kursi dengan suspensi udara, serta AC standar, menawarkan kenyamanan yang tak tertandingi bagi pengemudi dan lingkungan yang produktif saat mengoperasikan truk.
Quester adalah pendamping yang tepat bagi pengemudi. Fitur-fitur Quester menawarkan keuntungan besar untuk mendukung efisiensi bahan bakar, mulai dari desain kabinnya yang aerodinamis, lengkap dengan fitur seperti Fuel Coaching System – yang mengajarkan pengemudi mengenai cara mengemudi yang efektif dengan memanfaatkan torsi tinggi yang tersedia pada mesin GH8 dan GH11.
Tak tanggung-tanggung, sepuluh kru yang disiapkan secara khusus, menyapa para pengemudi truk kala mereka beristirahat. Kepada pengemudi truk, para kru disamping memperkenalkan brand UD, juga memberikan kiat bagaimana mengemudi yang aman, dan cara menghemat bahan bakar. Tak hanya itu, pengemudi disamping mendapat bekal ilmu dan berbagai tips, mereka pun mendapatkan suguhan makanan dan minuman.
Kampanye ‘Going the Extra Mile’ dibuka oleh Valery Muyard, Presiden Direktur UD Trucks Indonesia bersama dengan Bapak Aloysius Chrisnoadhi, CEO PT. Astra International – UD Trucks Sales Operation.
Valery Muyard dan Chrisnoadhi secara kompak dan sepakat berpendapat. “Kami ingin lebih dekat dengan menggandeng pengemudi dan pelanggan agar bisa memahami kebutuhan mereka dan memberikan perangkat yang dibutuhkan. Tentu semua dengan tujuan agar membuat kinerja mereka menjadi lebih baik”.
Ketika ditanyakan alasan digulirkannya kampanye ini, Valery merinci tentang keprihatinannya terhadap tugas pengemudi truk di Indonesia. “Kami ingin menyegarkan kembali brand UD Trucks dan lebih menekankan nilai inti kami kepada mereka: yakni “Ultimate Dependability”. Kami berjanji dan berupaya lebih ekstra. Dengan mendekatkan diri kepada pengemudi dan pelanggan, agar bisa memahami kebutuhan mereka dan bisa memberikan perangkat yang dibutuhkan agar mereka bekerja lebih baik”.
“Hanya dengan cara itu, kami dapat membantu mengoptimalkan bisnis mereka di lini bawah. Dalam jangka panjang, hal ini akan kembali membantu pertumbuhan bisnis mereka menjadi lebih menguntungkan, dan mudah-mudahan pada akhirnya akan berkembang lebih pesat lagi,” Chrisnoadhi menambahkan.
Kedekatan dengan pengemudi dan pelanggan juga tercermin pada ekspansi jaringan dealer UD Trucks di Indonesia yang kini tengah berlangsung. Sejauh ini sudah ada 39 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia – dealer terbaru berada di Surabaya, Jawa Timur, yang dibuka pada tahun 2014.
Tugas seorang pengemudi truk cukup berisiko, karena jalan-jalan di Indonesia masih rawan kecelakaan. Menurut dari data dari Statistik Transportasi DKI Jakarta pada tahun 2014, terjadi sekitar 6.574 kecelakaan di Indonesia.
Quester yang diluncurkan UD Trucks, merupakan truk modern Jepang kelas heavy-duty yang dapat menyesuaikan dengan sebagian besar persyaratan transportasi. Truk ini juga tetap mempertahankan konsumsi bahan bakarnya yang prima, kapasitas muatan, performa, dan daya tahan.
Sebagai konsekuensinya, dan dengan menekankan semangat “Gemba” (istilah dari bahasa Jepang, yang menggambarkan tempat di mana tindakan dilaksanakan dan nilai diciptakan), kampanye road show untuk Indonesia mengusung tema “Going The Extra Mile”. Kampanye ini dilakukan selain Tol Jakarta-Cikampek (20-22 April 2016), juga akan dilakukan di Tanjung Mas, Semarang (11-13 Mei 2016) dan ditutup di KM 26 Jalan Tol Sidoarjo-Gempol, Surabaya (18-20 Mei).