Jakarta,TAMBANG,-Media memiliki peran penting dalam perjalanan perusahaan secara khusus terkait dengan publikasi kegiatan yang dilaksanakan perusahaan. Kesadaran inilah yang mendorong perusahaan kontraktor tambang terbesar Indonesia PT Pamapersada Nusantara (PAMA) dan anak usahanya PT Kalimantan Prima Persada (KPP) menyelenggarakan Media Gathering yang dilaksanakan di Balikpapan pada Senin (5/9).
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mempererat hubungan dengan wartawan khusus di Area Kalimantan Timur. Sekaligus juga bentuk apresiasi anak usaha PT United Tractors,Tbk ini pada awak media yang selama ini mendukung perusahaan lewat pemberitaan. Tagline yang diusung dikaitkan dengan tagline ulang tahun PAMA ke-30 pada September tahun ini yakni “Road to 30 Years PAMA – Sustainability Growth”.
Sulasman sebagai Project Manager PAMA Site BPOP dalam sambutan pembukaan menegaskan peran pers dalam membentuk opini publik yang positif di masyarakat. “Mudah-mudahan bersama Media, kita menyajikan pemberitaan yang benar, akurat dan bisa dibaca oleh anak bangsa,”terang Sulasman. Juga hadir dalam kegiatan ini Gunawan Setiadi sebagai Security & External Relations Dept. Head PAMA dan Daniel selaku CSR Section Head KPP.
Di kesempatan ini juga disampaikan program CSR dari PAMA dan juga dari PT KPP. Bayu Handoko S. – CSR Section Head PAMA Site Kideco menceritakan tentang kegiatan CSR perusahaan khusus di Site Kideco (KIDE).
Dalam program CSR, PAMA mengusung lima pilar yakni ekonomi, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan sosial budaya. Di bidang ekonomi, PAMA Site KIDE sampai sekarang berhasil mendampingi 142 UMKM Binaan melalui aktivitas pelatihan UMKM, pendampingan, hingga fasilitas pembiayaan (KUR, LKM).
Porgram CSR pada pilar kesehatan dilaksanakan salah satunya dalam upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Paser. Pada Tahun 2023 PAMA Site KIDE ditunjuk sebagai ayah asuh stunting bagi 10 balita stunting di Kec. Batu Sopang dan Muara Samu. Kegiatan yang dilaksanakan PAMA terkait dengan penanggulangan stunting ini diantaranya program penyuluhan gizi melalui posyandu binaan. Kini, PAMA Site KIDE mempunyai enam posyandu binaan.
Sedangkan pada pilar pendidikan, PAMA Site KIDE mempunyai program pelatihan guru sekolah adiwiyata, peningkatan kapasitas calon sekolah adiwitaya (provinsi, nasional dan mandiri) serta seminar guru wujudkan merdeka belajar.
PAMA Site KIDE juga menjalankan program pada pilar lingkungan dengan Program Pranaraksa Center (Penanaman Buah Langka), Pembangunan Nurseri & Penanaman Pohon bekerjasama dengan DLH Kabupaten Paser. Tak hanya itu, pilar Sosial Budaya pun turut dijalankan CSR PAMA Site KIDE melalui bantuan & santunan melalui bazaar Ramadhan, pembinaan sanggar tari serta pelatihan gugus tugas tanggap bencana. Upaya-upaya ini dilakukan PAMA dalam rangka turut menyejahterakan masyarakat yang berada di sekitar area operasional.
Untuk diketahui PAMA merupakan anak usaha PT United Tractors,Tbk. Sampai paruh pertama tahun ini, PAMA membukukan pendapatan bersih sebesar Rp24,3 triliun. Dari sisi operasional, PAMA mencatat peningkatan volume produksi batu bara sebesar 18% dari 50 juta ton menjadi 59 juta ton. Sementara volume pekerjaan pemindahan tanah (overburden removal) tercatat kenaikan sebesar 20% dari 437 juta bcm di peruh pertama tahun lalu menjadi 524 juta bcm, dengan rata-rata stripping ratio sebesar 8,9x, meningkat dari 8,7x.