Jakarta, TAMBANG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis layanan Contact Center ESDM 136.
Layanan tersebut dapat diakses melalui ponsel ataupun telepon rumah dengan menekan nomor tujuan 136. Pasalnya, Kementerian ESDM ingin memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait kinerja dan seluk beluk sektor energi.
“Contact Center ESDM 136 merupakan fasilitas yang kami sediakan agar masyarakat semakin mudah dalam berinteraksi dengan Kementerian ESDM, baik berupa pertanyaan, pemberian informasi, maupun pelaporan permasalahan terkait sektor ESDM yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Menteri ESDM, Ignasius Jonan dalam sambutan peresmian di kantornya, Rabu (15/8).
Menteri Jonan menyatakan, bahwa selain layanan melalui telepon ke ESDM 136, Contact Center ESDM juga mencakup layanan publik melalui Media sosial seperti twitter (@KementerianESDM), facebook (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), instagram (@kesdm), maupun youtube (Kementerian ESDM). Pasalnya, hal ini merupakan upaya Kementerian ESDM menjawab perkembangan zaman dalam melayani public, karena pelayanan informasi publik tidak saja lewat email, datang langsung, tetapi lewat telepon dan media sosial.
“Komunikasi publik, kita buka tidak hanya lewat email atau datang langsung, tetapi juga via telepon dan media sosial. Ini kita launching dan akan kita sempurnakan terus mengikuti perkembangan zaman,” ujar Ignasius Jonan.
Berikut 5 hal penting terkait Contact Center ESDM 136:
Pertama, Contact Center ESDM 136 tidak menggantikan fungsi Contact Center PLN 123, Pertamina 1500-000 dan PGN yang telah ada selama ini. Ini justru akan memperkuat keberadaan Contact Center tersebut. Untuk keluhan dan pengaduan pelanggan Listrik, BBM, LPG tetap diutamakan melalui Contact Center ketiga BUMN tersebut.
Kedua, Contact Center ESDM 136 ini akan membantu penanganan pelayanan mayarakat terhadap ESDM seperti mulai dari pelayanan informasi publik, urusan perizinan ESDM, peraturan tentang ESDM maupun informasi terkait dengan bencana geologi.
Ketiga, untuk pertanyaan yang tidak bisa langsung terjawab saat itu juga, Kementerian ESDM akan menjawab balik via email atau telepon balik.
Keempat, biaya yang dikenakan pada masyarakat jika menelpon ke Contact Center ESDM 136 adalah biaya lokal. Untuk masyarakat yang menelpon di luar area Jakarta, maka tetap akan dikenakan biaya lokal, adapun biaya telepon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) akan ditanggung ESDM. Pembiayaan lokal perlu dibebankan untuk menghindari telepon dari pihak yang tak bertanggung jawab alias hoax.
Khusus untuk pengguna Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI), untuk sementara waktu jika menelepon dari luar Jakarta diharuskan menggunakan kode area 021. Serta dibebaskan dari biaya telepon hingga periode tertentu.
Kelima, layanan Contact Center ESDM 136 ini ke depan akan ditingkatkan dengan aplikasi yang berbasis AI (Artificial Intelegence) yang saat ini masih dikembangkan.
Sebagai bentuk sinergitas Pemerintahan dan Badan Usaha, Infrastruktur IT dan sistem komunikasi Contact Center ESDM 136 ini didukung penuh oleh Iconplus (ICON+) yaitu anak perusahaan PT PLN, yang menangani penyediaan jaringan, jasa, dan konten telekomunikasi.
Selain itu, terwujudnya Contact Center ESDM 136 ini juga didukung oleh Telkom, sebagai penyedia jasa nomor telepon 136, dan juga operator telekomunikasi lainnya, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, Tri Indonesia dan (STI).
“Terus (akan) kita kembangkan sesuai perkembangan zaman. Ini adalah bentuk support kepada sektor ESDM dalam meningkatkan layanan publik. Terimakasih,” tutup Menteri Jonan.