Jakarta – TAMBANG. Ajang pameran Indonesia International Motor Show 2016 (IIMS) kali ini dimeriahkan dengan digelarnya kompetisi audio, dan ini merupakan era baru kompetisi di Indonesia. Menempati bagian area pameran tepatnya di area outdoor IIMS 2016, Jumat (15/4). Antusias peserta cukup tinggi, terlihat dari jumlah yang turut serta ada 50 dari berbagai kota Indonesia. Mereka datang dengan mobil-mobil yang perangkat audionya tentu sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Yang membuatnya beda dan lain dari kompetisi selama ini adalah perangkat CD yang digunakan untuk menguji kualitas suara. Bukan diuji dari CD setiap peserta. Perangkat ini murni produk Indonesia dan terdiri dari 41 bagian penilaian, baik vokal maupun instrumen musik lainnya dari beberapa sudut, teknikal maupun tuning-nya.
Audio mobil adalah salah satu elemen otomotif yang penting dan tumbuh dahsyat. Penting dari sisi industri, bisnis, komunitas. Sesuai makna The Essence of Motor Show, elemen ini mulai dikuatkan pada IIMS 2016 di JIExpo Kemayoran. Tidak lagi sekadar jadi peserta pameran seperti tahun-tahun sebelumnya.
Geliat bisnis dan industri audio mobil disentuh pula dengan adanya program Edu Class. Di bawah arahan Wahyu Tanuwidjaya, kelas khusus dibuka untuk mereka yang berminat terjun di ladang bisnis audio mobil.
“Pesertanya terbilang bagus untuk penampilan perdana di IIMS. Yang jelas, audio mobil sudah tumbuh jadi industri dan bisnis tersendiri. Sepanjang industri mobil berjalan, industri ini akan jalan beriringan,” ucap Wahyu, Direktur PT Audioworkshop, yang memberikan edukasi soal sisik-milik audiomobil.
Penilaian ini terbukti dan berdasar, mengingat di IIMS 2016, ada belasan brand audio mobil tampil di area after market. Mulai dari merek-merek yang sudah melegenda di dunia audio, sampai pada merek-merek nasional yang terus bergerak maju. Sedemikian banyaknya model yang ditawarkan dengan berbagai spesifikasi dan harga, sehingga lebih mudah buat pengunjung menentukan pilihan sesuai selera.