Jakarta,TAMBANG,- Indonesia masih sangat bergantu pada bahan bakar minyak. Ini terlihat dari angka konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional yang terus meningkat setiap tahunnya. Ada banyak aspek yang mempengaruhi mulai dari bertambahnya jumlah penduduk dan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis Gaikindo,
penjualan kendaraan roda empat sepanjang tahun 2022 tercatat mencapai lebih dari 1 juta unit, tumbuh 17,4 persen dari tahun sebelumnya.
Sedangkan berdasarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan kendaraan roda dua di tahun 2022 tercatat meningkat 3,2 persen dari tahun sebelumnya menjadi 5,22 juta unit.
Terkait dengan hal ini, Presiden Direktur bp-AKR, Vanda Laura mengatakan meningkatnya angka kepemilikan kendaraan di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai pasar yang memiliki potensi besar bagi pengembangan bisnis ritel BBM. “Oleh karena itu, bp-AKR akan terus melakukan ekspansi dalam mengembangkan jaringan SPBU untuk menghadirkan dan memperluas akses
masyarakat terhadap bahan bakar berkualitas,”tandas Vanda.
Pihaknya lanjut Vanda melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diiringi dengan meningkatnya volume jumlah kendaraan dan berkembangnya teknologi mesin kendaraan menjadi prospek bisnis tersendiri bagi bp-AKR untuk ikut tumbuh bersama. “Untuk itu, kami mengajak para pengusaha baik individual maupun korporasi untuk menjadi mitra dalam mengembangkan bisnis SPBU bp di Indonesia.”kata Vanda dalam siara pers yang diterima www.tambang.co.id pada Senin (28/8).
Sejak beroperasi di tahun 2018 hingga saat ini, bp-AKR telah mengoperasikan lebih dari 40 jaringan SPBU bp yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur. Jaringan SPBU bp dikembangkan dengan dua skema bisnis yaitu Company Owned Company Operated (COCO) dan Dealer Owned Dealer Operated (DODO). Dalam mengembangkan jaringan SPBU melalui
program DODO, bp-AKR senantiasa memberi dukungan yang berkelanjutan bagi para calon mitra untuk memastikan bahwa seluruh jaringan SPBU bp dibangun dan dioperasikan berdasarkan standar yang sama, serta memberikan proyeksi bisnis kepada calon mitra DODO yang didasarkan pada kemampuan lokasi yang diajukan.
bp-AKR pun menawarkan berbagai fleksibilitas kepada calon mitra DODO diantaranya jumlah besaran investasi, format SPBU, dan kesempatan untuk membuka bisnis pendukung.
Sementara Wakil Presiden Direktur bp-AKR, Roy Darmawan mengatakan “Besaran investasi dalam bermitra dengan bp-AKR sangat fleksibel. Hal ini tergantung dari banyak faktor seperti luasan dan letak lokasi, besaran potensi volume dan berbagai faktor lainnya. Melalui berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, kami ingin memastikan para mitra dapat
berkembang bersama bp-AKR dalam mengembangkan bisnis SPBU bp di tanah air.”
Lebih lanjut, Roy menjelaskan bp-AKR memberikan penawaran yang kompetitif kepada para mitranya. Melalui konsep konsinyasi, para mitra akan mendapatkan keuntungan seperti pasokan BBM yang terjamin tanpa biaya modal atas BBM, tidak dikenakan biaya kemitraan dan tahunan, serta adanya program pelatihan yang dilakukan oleh bp-AKR dalam persiapan
menjalani bisnis SPBU bp para calon mitra.
“Keuntungan lainnya, para mitra bp-AKR yang melakukan pendaftaran selama IFRA 2023 akan mendapatkan gratis 1.000 liter BBM* (*syarat dan ketentuan berlaku).”tandas Roy.
SPBU bp menyediakan berbagai pilihan bahan bakar berkualitas yaitu BP Ultimate, BP 92 dan BP diesel. BP Ultimate dan BP 92 memiliki Teknologi ACTIVE yang diformulasikan khusus untuk membantu melindungi bagian penting pada mesin dari penumpukan kotoran. Sementara bahan bakar terbaik bp-AKR yaitu ‘BP Ultimate’ memiliki kandungan formula teknologi ACTIVE
yang lebih canggih, dirancang khusus untuk membantu menghilangkan kotoran pada mesin, menjaga mesin agar tetap bersih sehingga tarikan mesin menjadi lebih halus dan penggunaan bahan bakar lebih efisien dengan performa mesin yang maksimal. SPBU bp juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman lainnya mulai dari tempat pengisian air dan angin,
mushola, dan toilet bersih.
Para pengusaha yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis SPBU, bp-AKR hadir di ajang pameran waralaba, IFRA 2023, yang berlangsung pada tanggal 25 – 27 Agustus 2023 di ICE BSD, Hall 5 booth IF 97.